Pengertian
Pemasaran
Peran manajer
pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni
jenjang korporet, jenjang unit bisnis strategik, dan jenjang operasional atau
fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada
pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu
perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui
koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan
lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam
perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian
tujuan perusahaan.
Kegiatan-kegiatan
pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang
sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan
perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran
yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya
memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan
tentang produk diintegrasikan dengan keputusan-keputusan menyangkut harga,
distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk,
harga, distribusi dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu
produk, harga, distribusi dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.
Konsep-konsep inti pemasaran :
- Kebutuhan
- Keinginan
- Permintan
- Produk
- Pertukaran
- Transaksi
- Pasar
Kebutuhan adalah Suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri
seseorang .
Keinginan adalah Yang merupakan kebutuhan manusia yang dibentuk oleh
kultur dan kepribadian individu .
Permintaan adalah Manusia memiliki keinginan yang hampir tidak terbatas
sedangkan sumber daya terbatas. Mereka memilik produk yang menghasilkan
kepuasan tertinggi untuk uang mereka. Keinginan mereka menjadi permintaan bila
didukung oleh daya beli .
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar
untuk mendapata perhatian untuk dimiliki, digunakan, ataupun di konsumsi untuk
memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan .
Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh suatu
objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai
gantinya .
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak .
Pasar adalah Himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas
suatu produk .