Arti Produksi
Produksi adalah segala sesuatu yg dapat di tawarkan kepada pasar untuk di perhatikan di miliki, di gunakan / di konsumsi sehingga memuaskan keinginan atau kebutuhan
Produksi bagi Konsumen
Produk – produk yang di konsumsi untuk kepentingan konsumen (akhir) dan keluarganya sendiri
Konsep Barang dan Jasa dalam Pemasaran
Konsep barang dan jasa dalam pemasaran tidak akan lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Inilah langka-langkah yang harus di lakukan dalam membuat konsep barang dan jasa
Langkah – langkah barang dan jasa dalam pemasaran
1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan
2. Memilih pasaran secara khusus
3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
4. Pemilihan strategi pemasaran
Pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen
Terdapat tiga pendekatan utama dalam peneliti perilaku konsumen :
1. Pendekatan interperatif
srategi pemasaran produk konsumen dan produk industrial
Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.
Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Produk Baru
Pengertian produk baru adalah produk yang benar benar baru masuk ke pasar (new chemical entity) dan produk tiruan atau jiplakan (me too).
Mengapa harus ada produk baru ?
Dari pertanyaan di atas bisa di tarik kesimpulan bahwa
1. Konsumen butuh akan barang yg mereka inginkan
2. Konsumen mencari produk yang baru dan berkualitas tinggi
3. Adanya persaingan bisnis membuat perusahaan harus selalu putar otak untuk membuat produk produk baru
"Produk
baru terhadap dunia , pasar , penjual, atau beberapa kombinasi dariini,sangat penting adanya. Produk baru sangat
penting dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan dan keuntungan
perusahaan serta menggantikan produk – produk yangsudah tidak disukai lagi oleh konsumen sehingga produk
yang di hasilkan oleh produsen dapat selalu disukai
dan mengikuti perkembangan dari permintaan apa yangdisukai oleh konsumen.Pada
saat ini pasar telah berubah,yaitu dari produsen ke pasar konsumen .Yangartinya dahulu konsumen sangat sulit menentukan produk apa yang akan di belinya,dikarenakan
jumlah produsen yang menghasilkan barang yang akan dibelinyatesebut sangat
sedikit yang mengakibatkan sang konsumen tidak memiliki pilihan lainuntuk
membeli barang yang diinginkannya,mau tidak mau ia harus membeli barangapa
yang ditawarkan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan tekhnologi serta ilmu pengetahuan
yang berkembang dengan pesatnya, pasar telah berubah dari pasar konsumen ke pasar produsen .Yang artinya pada
saat ini konsumen telah memiliki berbagi pilihan produk sejenis yang ingin dibelinya ,sehingga mereka bebasmemilih .Hal ini juga mengakibatkan produsen sebagi penghasil barang juga berpacu
,berinovasi , bersaing dalam menunjukan produk yang terbaik,baik dari segiharga
kualitas ,kemasan yang menarik,maupun promosi yang dilakukan .Dengan beralihnya pandangan pasar ,dan produk
sejenis juga sudah banyak yang dihasilkan produsen , maka para pelaku bisnis juga harus memikirkan bagaimana cara agar produk yang mereka
hasilkan dapat diminati dan disukai olehkonsumen.Maka para pebisnis melakukan proses
pengembangan dan pengelolaan produk baru.Suatu produk
pasti memiliki masa pasang – surut disukai oleh konsumen ,adakalanya produk tersebut disukai ,ada
kalnya juga produk tersebut di tinggalkan olehkonsumen ,sesuai
dengan daur hidup suatu produk barang dan jasa ,yang di mulai
dari perncanaaan (planing) , pengenalan (introduction), berkembang
(growth) kematangan(maturity) , kemerosotan (decline)"
sumber :