Harga
merupakan salah satu bagian yang sangat
penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran
pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk,
harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang
maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Metode Penetapan Harga Produk :
1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran
Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
2. Pendekatan Biaya
Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
3. Pendekatan Pasar
Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.
Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.
Penentuan
harga dalam perusahaan
Penentuan
harga dalam perusahaan didasarkan antara lain oleh bentuk pasar . berikut ini
asumsi dari suatu model perusahaan yaitu :
· Peranan terhadap harga
· Jumlah penjual
· Yang mendasari banyak penjual
· Kondisi ongkos
· Banyak pembeli
· Kondisi permintan
· dll
Penentuan
harga dasar dan laba yang diharapkan
penentuan harga
meliputi :
Ø Pendekatan supply dan demand
Ø Pendekatan pasar
Ø Pendekatan yang berorientasi pada biaya
iya benar, semoga saja dengan pemimpin baru di Indonesia dapat menstabilkan nilai harga pasar.
Terima kasih, nanti akan saya baca.